Berita Kasus Pemerintah

Pembangunan Drainase PUPTR Asal Jadi Dan Bagaikan Siluman

Di Desa Pasirmulya Pembangunan Drainase Asal Jadi Dan Bagaimana Siluman

Waspira News | Kabupaten Bandung – Pembangunan saluran drainase PUPTR di Kp. Samoja Rt. 03/ Rw. 03 Desa Pasirmulya Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung.  Di duga asal jadi dan tidak sesuai peraturan dan rawan penyelewengan.

Di Desa Pasirmulya

Hal ini menimbulkan pertanyaan besar, dan sekaligus menjadi sorotan warga masyarakat juga awak media, bahwa proyek yang di bangun menggunakan anggaran. Pemerintah itu diduga proyek siluman.

Di Desa Pasirmulya Pembangunan Drainase Asal Jadi Dan Bagaimana Siluman
Di Desa Pasirmulya Pembangunan Drainase Asal Jadi Bagaimana Siluman

Sebab sama sekali tidak bisa di ketahui asal usul nya darimana, besar anggaran berapa, volume berapa, serta. CV apa yang mengerjakan, bahkan siapa petugas dari dinas PUTR yang di tugaskan untuk melakukan pengawasan sama sekali tidak di ketahui.

Selasa, (30/05/2023)

Selasa, (30/05/23) dari keterangan salah seorang pekerja mengatakan ” proyek pembangunan saluran drainase ini. dari PU bukan dari desa kalau untuk pemborong nya kalau ga salah bapak acek.

Lanjut pekerja, proyek ini memang tidak memasang papan proyek karena kata orang PU nya tidak masalah banyak ko pekerjaan. Yang tidak pasang papan proyek, bukan hanya di sini saja pak di majalaya contoh nya banyak pembangun tanpa. Memasang papan proyek” Ujar pekerja

Terpisah dari keterangan Kepala Desa Pasirmulya Umma mengatakan ” Pembangunan saluran drainase itu tidak tahu siapa yang mengerjakannya, tidak ada. Bahasa ijin atau apa ke pihak Desa Pasirmulya seharus pihak kontraktor secara etika berbicara dulu atau izin. Bukan mau di kasih uang atau fee setidaknya saya selaku Kepala Desa mengetahui asal usul nya biar tidak jadi Suudzhon.

Lanjut Kades Umma, Secara pekerjaan pun saya lihat asal asalan masa pembangunan saluran drainase asal kaya gitu. Tidak di gali dulu biar kuat, ini saya lihat asal tempel” ungkap Kades

Dan juga pihak kontraktor maupun dinas terkait seharusnya memasang papan proyek supaya masyarkat mengatahui proyek tersebut berasal dari mana. Dan anggaran nya berapa, Sesuai UU No. 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Bertujuan untuk menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, dan proses pengambilan keputusan publik. Serta alasan pengambilan suatu keputusan publik mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik.

Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan Badan Publik yang baik, mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. Yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat di pertanggung jawabkan, mengetahui alasan kebijakan publik yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak.

Mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan/atau meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan Badan Publik. Untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas.

Red/WN

Pendiri & Pimpinan Redaksi
Agus Suhendar adalah Pendiri sekaligus Pimpinan Redaksi Waspira News. Agus Suhendar lahir pada tanggal 17 agustus 1972 di Bandung, Jawa Barat. Sebelum berkiprah di dunia jurnalisme dan media, Agus pernah bekerja di salah satu perusahaan tekstil ternama di Kabupaten Bandung. Agus juga pernah bekerja di bidang perpajakan menjadi pegawai honorer. Karena kecintaannya pada dunia jurnalisme dan media, Agus pada akhirnya beralih profesi sebagai jurnalis dan penulis di beberapa media. Pada tahun 2017 Agus Suhendar memutuskan untuk mendirikan perusahaan medianya sendiri. Agus kemudian mendirikan situs web portal Balance News. Hingga tahun 2018, PT. Sandy Putra Suhendar resmi didirikan untuk menaunginya. Di tahun 2022, karena merasa perlu untuk memperluas jangkauannya di portal media online, Agus mendirikan Waspira News.

    Leave feedback about this

    • Kualitas Berita
    • Akurasi Informasi
    • Tampilan Website
    Choose Image

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.