Berita Budaya Disbudpar Kab Bandung Dunia Edukasi Pemerintah Sejarah

KESENIAN BUDAYA KHAS SUNDA TARAWANGSA DAN SEJARAHNYA

KESENIAN BUDAYA KHAS SUNDA TARAWANGSA DAN SEJARAHNYA

 

Waspira News | Kab Bandung – Tarawangsa tidak lepas dari bentuk rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa.
Tarawangsa adalah alat musik khas Sunda asal Jawa Barat. Alat musik ini di mainkan terkait dengan upacara padi, yaitu menjelang dan setelah panen padi.

KESENIAN BUDAYA KHAS SUNDA TARAWANGSA DAN SEJARAHNYA

Sehingga alat musik ini juga di kenal sebagai bentuk kesenian yang dengan upacara tradisional agraris di tanah Sunda.

Saat ini, tarawangsa di pentaskan dalam berbagai perayaan, seperti khitanan, syukuran rumah, upacara besar nasional, hingga peringatan Kemerdekaan.

Sejarah Tarawangsa

Di lansir dari portal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tarawangsa berasal dari Ta-Ra-Wangsa. Ta berasal dari akronim Meta yang berasal dari bahasa Sunda, artinya pergerakan.

Baca Juga : Warga Resah Dengan Adanya Pembangunan Jembatan Sungai Cikeruh Desa Tegaluar Bojongsoang

Ra berarti api yang agung, artinya sama dengan Ra yang terdapat dalam bahasa Mesir dengan analogi api adalah matahari. Wangsa merupakan sinonim dari kata Bangsa, yaitu manusia yang menempati satu wilayah dengan aturan yang mengikat.

Sehingga, tarawangsa memiliki arti sebagai kisah kehidupan bangsa matahari.

KESENIAN BUDAYA KHAS SUNDA TARAWANGSA DAN SEJARAHNYA
KESENIAN BUDAYA KHAS SUNDA TARAWANGSA DAN SEJARAHNYA

Dengan kata lain, tarawangsa merupakan kesenian penyambutan bagi hasil panen padi yang tumbuh sangat bergantung pada matahari. Kesenian ini sebagai simbol atau bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, seperti yang sudah di sebutkan paling awal.

Baca Juga : Terkait Dugaan Mangkraknya Penataan Alun Alun Ciparay Inilah Jawaban Kepala Disperkim Jabar

Kata tarawangsa termuat dalam kitab-kitab kuno abad ke-10 yang di temukan di Bali. Dalam literatur tersebut, kata tarawangsa di sebut dengan kata trewasa dan trewangsah.

Pada masa itu kesenian sudah hidup di masyarakat Sunda, Jawa, dan Bali. Seiring perkembangan zaman, kini bekas atau artefak alat musik ini sudah tidak di temukan lagi.

Sumber lain menyebutkan bahwa tarawangsa ditemukan dalam kitab kuno Sewaka Darma. Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa tarawangsa adalah alat musik.

Red/WN

Pendiri & Pimpinan Redaksi
Agus Suhendar adalah Pendiri sekaligus Pimpinan Redaksi Waspira News. Agus Suhendar lahir pada tanggal 17 agustus 1972 di Bandung, Jawa Barat. Sebelum berkiprah di dunia jurnalisme dan media, Agus pernah bekerja di salah satu perusahaan tekstil ternama di Kabupaten Bandung. Agus juga pernah bekerja di bidang perpajakan menjadi pegawai honorer. Karena kecintaannya pada dunia jurnalisme dan media, Agus pada akhirnya beralih profesi sebagai jurnalis dan penulis di beberapa media. Pada tahun 2017 Agus Suhendar memutuskan untuk mendirikan perusahaan medianya sendiri. Agus kemudian mendirikan situs web portal Balance News. Hingga tahun 2018, PT. Sandy Putra Suhendar resmi didirikan untuk menaunginya. Di tahun 2022, karena merasa perlu untuk memperluas jangkauannya di portal media online, Agus mendirikan Waspira News.
      • 5 bulan ago

      hatur nuhun kang parantos nga edukasi tentang Tarawangsa🙏

    Leave feedback about this

    • Kualitas Berita
    • Akurasi Informasi
    • Tampilan Website
    Choose Image

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.