Berita Edukasi Pemerintah

Dengan Antusias Warga Sambut Sosialisasi BP2MI Di Kelurahan Baleendah

Dengan Antusias Warga Sambut Sosialisasi BP2MI Di Kelurahan Baleendah

Waspira News | Kabupaten Bandung — Dengan Antusias Warga Sambut Sosialisasi  Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) terus melaksanakan sosialisasi ke sejumlah desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Bandung. Minggu, (12/3/2023)

Sosialisasi Kepala BP2MI

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani mengatakan blusukan ke kelurahan dan desa-desa ini bertujuan untuk menyebarkan informasi terkait imigran kepada warga dan masyarakat.

 

Dengan Antusias Warga Sambut Sosialisasi BP2MI Di Kelurahan Baleendah
Dengan Antusias Warga Sambut Sosialisasi BP2MI

 

Ia menjelaskan, untuk mensosialisasikan oleh BP2MI ini mengenai untuk Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia di mana. Yang legal dan di mana yang ilegal untuk pekerja (PMI).

Warga Masyarakat 178 Hadir

Di hadiri oleh 176 peserta warga masyarakat di Kelurahan Baleendah, dalam sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman alur dan persyaratan sebagai pekerja imigran (PMI) prosedural.

“Sosialisasi ini untuk mendorong pemuda desa agar makin meningkatkan pengetahuan mereka. Pasalnya, tumpuan pembangunan negara berada di perdesaan,” ungkap Benny dalam keterangannya, usai kegiatan yang di gelar kelurahan baleendah di GOR Baleendah, Kabupaten Bandung.

Menurutnya, tidak ada negara maju tanpa kelurahan dan desa yang maju sebab tumpuan pembangunan Indonesia ada di kelurahan desa. Maka dari itu, ia berharap anak muda harus terbuka akan pengetahuan, serta di dorong dan di beri ruang untuk. mengekspresikan diri, talenta, dan minat mereka.

Benny menyebut, potensi yang di miliki generasi muda Tanah Air sangat besar. Oleh karena itu, negara harus memfasilitasi anak muda. Yang berkeinginan bekerja di luar negeri.

“Dengan bekerja ke luar negeri, mereka mendapat gaji yang tinggi dan transfer pengetahuan, sehingga mereka mendapat pengetahuan baru yang bisa. Di bawa ke sini dan di praktikkan di desa mereka,” ujarnya.

Benny berharap, kegiatan ini bisa mengedukasi anak muda agar lebih terbuka dengan tawaran pekerjaan di luar negeri.

Bahkan, lanjutnya, bisa memproteksi diri mereka dari calo atau oknum yang ingin menipu dengan iming-iming bekerja di luar Indonesia.

“Semoga dengan ini, bisa mengedukasi mereka, jika ada calo yang menawarkan pekerjaan ke Timur Tengah, itu pasti penipuan. Maka itu, dengan ini bisa menjadi benteng bagi mereka untuk mencegah calo yang ingin menipu masyarakat,” harapnya.

Benny mengaku, PMI menjadi penyumbang devisa terbesar kedua dengan nilai mencapai Rp 159,6 triliun.

Oleh karena itu, paparnya, negara memiliki tanggung jawab dan memberikan rasa hormat kepada mereka yang tengah berjuang di negara orang lain.

“Maka itu, negara harus memberikan perlakuan hormat pada mereka dan tidak boleh ada lagi yang merendahkan para PMI ini,” tandas Benny Rhamdani.

Karang Taruna

Dalam sesi tanya jawab, ketua karang taruna Kelurahan Baleendah menanyakan usia yang diperbolehkan untuk berangkat menjadi PMI. Dan usia 18-40 tahun itu termasuk usia produktif, kebetulan anggota karang taruna termasuk dalam kualifikasi tersebut.
Pewarta : Abeng/RedBN

Pendiri & Pimpinan Redaksi
Agus Suhendar adalah Pendiri sekaligus Pimpinan Redaksi Waspira News. Agus Suhendar lahir pada tanggal 17 agustus 1972 di Bandung, Jawa Barat. Sebelum berkiprah di dunia jurnalisme dan media, Agus pernah bekerja di salah satu perusahaan tekstil ternama di Kabupaten Bandung. Agus juga pernah bekerja di bidang perpajakan menjadi pegawai honorer. Karena kecintaannya pada dunia jurnalisme dan media, Agus pada akhirnya beralih profesi sebagai jurnalis dan penulis di beberapa media. Pada tahun 2017 Agus Suhendar memutuskan untuk mendirikan perusahaan medianya sendiri. Agus kemudian mendirikan situs web portal Balance News. Hingga tahun 2018, PT. Sandy Putra Suhendar resmi didirikan untuk menaunginya. Di tahun 2022, karena merasa perlu untuk memperluas jangkauannya di portal media online, Agus mendirikan Waspira News.

    Leave feedback about this

    • Kualitas Berita
    • Akurasi Informasi
    • Tampilan Website
    Choose Image

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.