Berita Kasus Ketahanan Nasional TNI

Densus 88 Tangkap DPO Teroris Yang Di Cari Bertahun-tahun

Densus 88 Tangkap DPO Teroris Yang Di Cari Bertahun-tahun

Waspira News | Lampung – Densus 88 AT Polri pada 11-12 April 2023 kemarin melakukan upaya penangkapan terhadap 6 orang tersangka Teroris di kabupaten Mesuji dan Pringsewu, Lampung. Setelah proses penelusuran dan pengintaian panjang, dari 6 tersangka tersebut. Diantaranya 2 orang tewas dan 4 orang berhasil ditangkap. Mereka adalah anggota jaringan Jamaah Islamiyah Poso, yang telah bertahun-tahun buron dengan membawa berbagai jenis senjata api.

Berkat kesabaran dan kejelian Tim Densus 88, belakangan di ketahui kelompok ini berusaha membangun kekuatan baru di pedalaman Lampung. Di wilayah terpencil dengan akses jalan sempit dan berbatu di kawasan Pringsewu.

Rangkaian penegakan hukum diawali dengan upaya penangkapan terhadap tersangka PANDU alias JARWO pada hari Selasa, 11 April 2023 pukul 18.13 WIB di Kabupaten Mesuji, Lampung. Kemudian pada hari berikutnya 12 April 2023 pukul 05.30 WIB. Penangkapan di lakukan terhadap NGADERI alias BUDI ANDUK di Kabupaten Pringsewu. Pada hari yang sama pukul 15.00 WIB, di lakukan penangkapan terhadap 4 tersangka lainnya. Yaitu ZULKIFLI KURNIAWAN, HENDRA alias NANTO BOJEL, ASLAM MU’ARIF, dan KHOIRUL IHSAN alias ASEP.

Dalam rangkaian penegakan hukum tersebut, tersangka atas nama NGADERI alias BUDI ANDUK dan ZULKIFLI KURNIAWAN. Tersangka melakukan perlawanan kepada petugas menggunakan senjata api M16 dan senjata api rakitan. Sempat terjadi baku tembak antara tersangka dengan petugas, hingga akhirnya petugas melakukan tindakan tegas dan terukur yang mengakibatkan kedua tersangka tersebut meninggal dunia.

Dalam kontak tembak itu 1 orang korban terluka dari anggota Direktorat Penindakan Densus 88 AT yang mengalami luka tembak di bagian paha atas. Saat ini korban sedang menjalani perawatan di rumah sakit untuk mengangkat proyektil peluru yang masih bersarang di sekitar tulang belakang.

Pewarta : peep/RedWN

Redaktur
Redaktur Waspira News

Leave feedback about this

  • Kualitas Berita
  • Akurasi Informasi
  • Tampilan Website
Choose Image

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.